Sunday 6 January 2019

Rekor darat Jakarta - Surabaya 8 jam 13 menit!! (Belum terpecahkan)

Buku sejarah Mobil di Perpustakaan Kota Madiun

Saat berpergian keluar kota mengunjungi sodara atau rekan, biasanya obrolan yang pertama diomongkan adalah "bagaimana di jalan?", "Dari sana jam berapa?" atau "Berapa jam perjalanan?" Bagi penyuka kecepatan ada rasa puas dan bangga jika perjalanan bisa ditempuh dalam waktu yang singkat. Bagi yang suka santai dan mengemudi dengan hati-hati obrolan macam itu "gak masuk pak Ekoo..."

Tapi tahukah anda bahwa soal bangga membanggakan kecepatan itu sudah dilakoni oleh pendahulu kita sejak jaman sebelum kemerdekaan. Ternyata usaha membukukan rekor menjadi yang tercepat di jalan raya tanah Jawa dilakukan silih berganti oleh bule-bule jaman doeloe. Sayangnya rekor bule tersebut belum terpecahkan lagi sampai sekarang oleh orang kite.

Dengan dibukanya jalan tol Jakarta - Surabaya digembar gemborkan bisa ditempuh dalam waktu 10 jam saja. Takjubkah anda jika hampir seratus tahun lalu waktu tempuh Jakarta - Surabaya 2 jam lebih cepat daripada woro-woro pemerintah saat ini.

Kebetulan tadi siang jalan-jalan ke Perpustakaan Madiun yang baru di renovasi menjadi bertambah nyaman lagi dari yang sebelumnya sudah nyaman. Disana stuck di satu buku yang memaksa saya membaca sampai tamat (walau halaman-halaman terakhir banyak yg di skip).

Beberapa halaman berikut (hal 73 - 85) sangat menarik perhatian saya karena berkisah tentang usaha adu kecepatan di jalan raya pulau Jawa jaman old.





Dengan dibukanya rute Pantura via Karawang - Cikampek tahun 1934 yang memangkas jarak tempuh 45 km menjadi 800 km sejauh ini rekor perjalanan darat Jakarta - Surabaya via rute tersebut menggunakan mobil masih dipegang oleh F Viehs dengan waktu 8 jam 13 menit pada tahun 1938. Sementara itu rekor sepeda motor Jakarta - Surabaya sebelum dibukanya rute Karawang lewat Bogor - Sukabumi - Cianjur Sumedang - Cirebon lanjut pantura dipegang oleh Gerrit de Raadt selama 10 jam 0.1 menit pada tahun 1932.




Jika dirata-rata kecepatan rekor mobil selama 8 jam 13 menit dengan jarak tempuh 800 km adalah 97.36 kpj! Sementara rata-rata kecepatan rekor motor selama 10 jam 0.1 menit sejauh 845 km adalah 84.5 kpj. Sebuah catatan yang mengedankan eh mengesankan. Walaupun jalan saat itu belum ramai tapi teknologi belum semaju sekarang dan tidak ada penjagaan khusus dijalan untuk kendaraan-kendaraan itu, bahkan sampai ada yang beberapa kali menabrak anjing. Jadi orang dulu ternyata lebih gila kecepatan lur.

Teringat jaman waktu kuliah dulu tahun 2003 atau 2004 naik megapro dari Bandung ke Jogja berangkat pagi habis shubuh sampai Jogja sebelum dhuhur rumongso wis banter. Berusaha stabil lari 110 kpj saat di jalan lurus dan berhenti sekali di pom bensin cuma dapat kecepatan rata-rata 67 kpj.

Memang lur pamer kecepatan ini bagi sebagian orang gak penting banget. Tapi ternyata ini yang membuat otomotif sedemikian berkembang. Di awal-awal produksi mobil pertama ternyata sudah ada ajang balapan mobil.

1st Benz
Tuntutan akan mobil yang lebih cepat dan kuat membuat produsen mobil bisa meningkatkan kecepatan mobil demikian pesat, mulai dari hanya 16 kpj (Benz Patent-Motorwagen) pada tahun 1886 sampai meningkat pesat 432.7 kpj pada tahun 1938 atau 52 tahun kemudian.

https://youtu.be/DL_mJeb6O04
Tulisan ini bukan pembenaran untuk memacu kendaraan di jalan umum demi memecahkan rekor jadul itu. Bagaimanapun keselamatan itu yang utama lur apalagi saat bersama keluarga.



No comments:

Post a Comment