Friday 27 January 2012

UNTUNG RUGI TANI TEBU & ANALISA USAHANYA


Bertani tebu tampaknya masih menjadi hal yang tabu bagi kebanyakan masyarakat yang saya temui, terutama di wilayah kerja saya, Jember. Petani tebu ternyata hanya itu-itu saja, jarang ada petani baru yang muncul. Padahal usaha tani itu profitable dan resikonya relatif rendah. Ada beberapa hal yang menjadi sebab petani tidak tertarik untuk bertanam tebu:

  1. Pengalaman masa lalu. Sistem tanam paksa jaman orba, petani dwajibkan tanam tebu atau menyewakan ke PG (glebagan). Jika petani menanam tebu sendiri, pengelolaan hasil dan saprodi dikoordinir oleh KUD. Terjadi banyak penyelewengan, petani rugi.
  2. Anggapan birokrasi PG yang "seram". Memasuki PG bagi orang yang baru serasa kembali ke jaman kolonial. Kesan feodal pasti terasa. Secara luas di masyarakat sudah menjadi rahasia umum seperti instansi lain, PG seolah banyak "mafianya". Kata instansi saya gunakan karena sepertinya memang PG masih cenderung instansional daripada korporasional.
  3. Ditakut-takuti oleh petani lain yang sudah mapan. Petani tebu yang sudah mapan ada beberapa kasus yang saya temui tidak mau berbagi ilmu dengan tetangga-tetangganya, cenderung menutup-nutupi kesuksesan. Petani yang mau belajar ditakut-takuti tentang ruwetnya birokrasi PG, kesulitan-kesulitan bertani tebu. Persaingan persewaan lahan menjadi faktor petani yang sudah mapan enggan berbagi.
  4. Merasa pernah rugi. Memang benar tidak semua petani tebu itu untung, ada yang rugi, namun jumlahnya relatif sedikit. Mereka yang rugi ini ada yang kapok ada juga yang tetap usaha tani. Nanti akan saya jelaskan sebab-sebab ruginya dan tips-tips supaya tidak rugi.
  5. Belum tahu. Kalau ini alasannya, biasanya lebih mudah untuk diajak bertani tebu hanya saja perlu dibimbing.

Nah setelah ini akan saya jelaskan enaknya bertani tebu, agar informasi menjadi imbang. Ini alasan keuntungan bertani tebu:

  • Resiko relatif rendah. Dibanding komoditas lain, tebu relatif lebih aman. Coba bandingkan dengan padi, sering gagal panen. Sayur mayur, harga sangat berfluktuatif, serangan hama penyakit relatif besar. Sedangkan tebu hampir semua panen, walaupun ada beberapa kasus seperti pemilihan lokasi yang tidak tepat sehingga terkena hama uret, atau jika tidak baik dengan lingkungan tebu dibakar, namun prosentasenya sangat kecil dibanding yang panen.
  • Perawatan mudah. Ibarat lagu koesplus, tongkat kayu jadi tanaman, begitu pula dengan tebu, dibuang saja bisa tumbuh. Perawatan tidak seintensif padi dan sayuran.
  • Pupuk, biaya garap dan saprodi lain dipinjami. Berbeda dengan tanam padi, jika mau tanam tebu anda bisa mengambil pinjaman pupuk, traktor, biaya garap plus supervisi dari petugas PG. Hanya saja banyak petani yang belum tahu, sehingga pinjaman-pinjaman hanya beredar ke petani tebu yang itu-itu saja.
  • ROI yang menjanjikan. Return of Invesment, atau sederhananya keuntungan yang didapatkan cukup lumayan untuk ukuran sebuah komoditas pertanian, dibandingkan dengan segala kemudahannya. Memang keuntungan tidak akan sebesar tembakau dalam satu satuan luas, atau cabai, melon, dan sejenisnya. Namun andapun kemungkinan tidak akan mengalami kerugian yang demikian besar jika terjadi kegagalan usaha. High risk means high profit, low risk means low profit. Tebu ada ditengah-tengahnya.


Sebab-sebab kerugian bertani tebu & tips menghindari kerugian :

  1. Perawatan kurang baik. Tips: Pastikan uang yang anda keluarkan s'ampai ke kebun. Lebih baik menambah biaya agak besar jika diperlukan daripada tebu tidak diapa-apakan sama sekali. Contoh: Tebu tidak diklentek (dibersihkan daun kering), maka tebangan akan sulit, banyak tebu yang tertinggal di kebun, tidak terlihat oleh penebang (karena kotor), beresiko lebih besar untuk terbakar.
  2. Pemilihan lahan kurang tepat. Tips: Pastikan lahan layak ditanami tebu. Hindari lahan yang seperti rawa, juga hindari lahan berpasir seperti di pantai. Selain sulit air, hama uret biasanya terdapat pada lahan-lahan bertekstur pasir. Lahan yang cocok adalah lahan yang mudah dapat air dan mudah pula buang air. Perhatikan juga jalan tebangnya, apakah truk bisa masuk atau lori PG dapat menjangkau? Jika tidak ada jalan tebang lebih baik tidak tanam.
  3. Menanam tidak tepat waktu. Tips: Tanam tebu pada bulan optimalnya Mei-Agustus (berpengairan), atau awal musim hujan (tadah hujan). Namun saya cenderung menyarankan anda opsi pertama, karena menanam awal musim hujan berarti tebang pada musim hujan, biaya tebang melonjak dan rendemen akan jatuh. Ingat puncak rendemen pada bulan 8-9, sehingga usahakan tebu anda ditebang pada saat itu. Selalu berkoordinasi dengan petugas PG, karena biasanya petani akan berebut untuk ditebang pada saat itu, dan tidak mungkin mengakomodir semua keinginan. Jadi pastikan saja anda tanam bulan optimal dengan jenis dan perawatan yang baik, maka pada puncak rendemen tebu anda sudah masak dan dipilih oleh PG untuk ditebang. (PG memilih tebu sesuai analisa kemasakan).

Nah berikut saya buatkan bagan yang bisa anda ikuti dalam berusaha tani tebu.



Berikut saya lampirkan juga analisa usaha tani tebu untuk anda pelajari.



Jika anda berminat bertani tebu dan belum tahu caranya, datangi saja PG, tanya pada satpam untuk diarahkan ke bagian tanaman. Nanti anda akan dibantu lebih lanjut oleh petugas bagian tanaman. Jangan khawatir, saat ini PG sangat butuh bahan baku, anda akan senang hati dihargai, jika ada petugas yang kurang ramah dalam melayani maka anggap saja dia oknum yang belum tahu pentingnya anda bagi perusahaannya. Dapat juga anda berkirim email dengan saya, dengan senang hati saya akan berusaha memecahkan masalah anda tentang tebu.

Berikut adalah file excel editable tentang analisa usaha tani. Silahkan di download..

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ANtNOLJ87uwvwKcMBv92Mnjf2L4nJCbf5awegHULb7k/edit?usp=sharing

44 comments:

  1. file excel editable nya kok gak bisa di download ya?
    tolong kirim saja melalui email masnurhidayatz@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, buka linknya kemudian klik File ---> Unduh sebagai--> pilih jenis file yg akan diunduh (co .xlsx, .pdf)

      Delete
    2. Control A, lalu control C
      Lalu buka excell, lalu Control V, selanjutnya silahkan di edit...

      Delete
  2. file excel editable nya kok gak bisa di download ya?
    tolong kirim saja melalui email bunker.reggae@gmail.com

    ReplyDelete
  3. ile excel editable nya kok gak bisa di download ya?
    tolong kirim saja melalui email rony_nurdyantoro@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. om sinder tlng minta dikirim excel editable nya di nanangvision@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Minta bantuanya juga di email saya pak
    Azisnurohmat@gmail.com
    Trimakasih

    ReplyDelete
  6. Trimaksih atas ilmunya semoga kami dapat memanfaatkanya

    ReplyDelete
  7. minta tolong file excel editable nya di email ke ruben.selon@gmail.com.
    trimakasih om.

    ReplyDelete
  8. Minta file excel gan email : denynugroho@gmail.com

    ReplyDelete
  9. minta tolong file excel editable nya di email ke lutvie.gunajaya@gmail.com

    Makasih

    ReplyDelete
  10. Mohon dapatnya file exel editabel nya dapat dikirim via email : ronggo8x15@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. mohon file excel editabelnya dapat dikirim via email : hendrageomatic@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. terimakasih untuk infonya. sangat membantu. dan mohon bantuanya untuk mengirim file excel via email : ahmad_khoeroni@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori mas, notifikasinya tidak saya hidupkan. Akan saya kirimkan. Mungkin ada yang tau cara sharing file tanpa harus melewati saya? Mohon dibantu juga.

      Delete
  14. terimakasih untuk infonya. sangat membantu. dan mohon bantuanya untuk mengirim file excel via email : enggartrissandy@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Trimakasih om. Saya juga pengen belajar. minta tolong file excel editable nya di email ke okikalwakik@gmail.com trimakasih om. Salam manis, semanis tebu

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum mas. Makasih inponya. Mohon oengarahan mas saya ingin belajar tebu. Lahan d desa saya sangat mendukung dan dekat dengan PG. Email saya m.ishaq.islahuddin@gmail.com

    ReplyDelete
  17. om bisa minta tolong dikirimkam file excelnya?mohon bantuannya om.saya ingin mencobanya
    memedst@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Saya jg minta tlg dikirimkan file excelnya. Buat skripsi jg soalnya.
    Email saya : fauriza33@gmail.com
    Terimakasih mas.

    ReplyDelete
  19. Sbnrnya kalo buka nya di pc file itu msh bisa di download. Klik aja menu file. Mohon maaf sblm nya, sy nyari2 email pak sinder gak ketemu, bisakakah email ke sy, soalnya ada yg ingin saya tanyakan soal masuk ke pg itu, mohon bantuannya pak sinder.... Lkitut@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Sbnrnya kalo buka nya di pc file itu msh bisa di download. Klik aja menu file. Mohon maaf sblm nya, sy nyari2 email pak sinder gak ketemu, bisakakah email ke sy, soalnya ada yg ingin saya tanyakan soal masuk ke pg itu, mohon bantuannya pak sinder.... Lkitut@gmail.com

    ReplyDelete
  21. karimuddinkarim442@yahoo.c0.id
    sya tertarik tentang penanaman tebu,,saya asal aceh mhsiswa pertanian bisa kah saudara komfermasi ke email sya alamat kdg kala sya bsa dtg,,trmksh,

    ReplyDelete
  22. Mantap..
    Berkebun tebu merupakan bisnis jangka panjang, dan kontinue tiap tahunnya.

    ReplyDelete
  23. Sangat tertarik, tpi kesulitan memulai, mencari lahan yg akan disewa

    ReplyDelete
  24. Pak tolong add wa saya. 082188872555. Saya tinggal di situbondo. Trimakasi

    ReplyDelete
  25. terima kasih sharingnya Pak, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  26. Mohon dibantu mas.. ini desa saya ada pabrik baru. Mau bisnis koperasi petani tebu. Minta tolong sharing"nyaa. Ini email saya. Sampean krm email yaa. Okiexe0@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Bang mau tanya tentang peletakan tanah yg tepat agar bisa memulai usaha. Tolong email saya ya bang butuh saran juga. fajarkharisma72@gmail.com kirim di sini aja

    ReplyDelete
  28. salam kenal saya Zeni alumni ipb 2011 sekarang saya wirausaha distributor pupuk Mikroba GLB untuk perkebunan dan pertanian. barangkali saya bisa menawarkan pupuk saya untuk perkebunan tebu. pupuk kami bersertifikat iso 9001 dan 14001 untuk menjamin kualitas kepada konsumen. pupuk kami menyehatkan tanaman sehingga insyaAllah bila tanaman tebunya sehat akan menghasilkan rendemin tebu yang bnyk. trims.
    083811219429

    ReplyDelete
  29. Tolong kirimkn file exel nya bang

    ReplyDelete
  30. Tolong kirim ke file exel ya..fathankesuma1612@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Tolong kirim ke file exel ya bang alifakbarm@gmail.com
    Makasih banyak...

    ReplyDelete

  32. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

  33. SELAMAT SIANG

    Kami harap memperkenalkan diri sebagai ROYAL Financial & Investment Ltd, Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, kami menawarkan semua jenis Pinjaman. Kami menawarkan pinjaman kepada klien lokal dan internasional, Tanpa penundaan yang tidak perlu, akses langsung ke uang di rekening bank Anda hanya dalam waktu 48 jam.

    Apakah Anda ditolak oleh bank Anda?
    Apakah Anda berhutang?
    Apakah Anda memiliki kredit buruk?
    Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar?
    Apakah Anda perlu mendirikan bisnis?
    Apakah Anda perlu meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda memerlukan uang untuk memulai proyek baru?
    Apakah Anda memerlukan uang untuk menyelesaikan kontrak Anda?

    Jangan khawatir lagi karena kami dengan ini menawarkan Anda pinjaman dengan suku bunga rendah, Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan kami.
    Email: royalfunds.help@gmail.com
    WhatsApp: +234 (0) 8028410402
    Salam

    Tuan Williams Anthony
    MANAJER PINJAMAN.
    ROYAL FINANCE & INVESTASI LTD

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  36. kak saya belum tahu seluk beluk bisnis tebu, saya ingin memulainya. bisa minta alamt email untuk sharing terkait dengan prospek kebun tebu

    ReplyDelete
  37. bandar togel online kingdomgrup menjadikan member nya prioritas dalam layanan bosku http://128.199.187.54/

    ReplyDelete
  38. dapatkan diskon menarik dan cashback melimpah! Agen Togel Online dengan kingdom grup

    ReplyDelete
  39. Informasi yang bermanfaat, mengenal lebih jelas tentang peluang usaha baru
    ingin mendapatkan peluang kemenangan baru juga? silahkan cek disini
    https://172.104.59.107/

    ReplyDelete
  40. slot online deposit pulsa tanpa potongan hanya di slot deposit dana

    ReplyDelete