Tuesday 6 October 2015

UJI STATISTIK PENILAIAN MUTU TEBU SECARA VISUAL TERHADAP RENDEMEN TEBU

Tebu yang akan digiling di Pabrik Gula harus memenuhi syarat tebu layak giling. Apa itu syaratnya?
  1. Manis. Tebu memang manis, tapi tingkat kemanisannya berbeda-beda. Dikatakan telah layak giling apabila tebu telah masak ditandai dengan perbedaan kemanisan batang bagian bawah dan atas yang makin kecil. Pada tebu muda batang bawah jauh lebih manis daripada batang atas. Makin tua makin kecil selisihnya, sehingga seluruh batang tebu manis merata.
  2. Bersih. Tebu yang akan digiling harus bersih. Bukan berarti tebu itu harus dilap, digosok seperti akik, melainkan tebu itu harus tebu, apa maksudnya?! Bagian tebu yang layak giling adalah batangnya, lebih pasnya batang tuanya. Daun tebu yang masih hijau, daun tebu yang sudah kering, tanah, akar, dan tebu anakan yang masih muda tidak diharapkan ikut digiling. Selain tidak/sangat sedikit mengandung gula, bagian-bagian itu mengganggu proses.
  3. Segar. Segar maksudnya harus segera digiling sesegera mungkin setelah ditebang dari kebun. Biasanya kurang dari 36 jam masih dikatakan segar. Semakin lama tebu tidak digiling maka kandungan gula dalam batang tebu akan semakin menurun.
Slogan MBS ini selalu ditekankan oleh pimpinan Pabrik Gula pada bawahannya (bagian tanaman) dan petani pemasok. Yang paling berpengaruh terhadap perolehan gula terutama adalah MANIS-nya, sementara bersih dan segar adalah upaya menekan agar potensi MANIS-nya itu terjaga sampai digiling. Semua syarat tebu digiling adalah mutlak dipenuhi (secara teori), namun pada kenyataannya tidak semudah yang dibicarakan. Nah, tulisan ini ingin membahas tentang pengaruh penilaian keBERSIHan tebu secara visual oleh petugas QC dan pengaruhnya terhadap rendemen. Untuk melawan argumen "pokoknya" harus dengan data ilmiah, maka tulisan ini harus seilmiah mungkin. Karena bukan skripsi, tesis atau sejenisya, maka seilmiah-ilmiahnya masih dibawah tulisan-tulisan sejenis itu, yang penting bisa dipahami oleh para pembaca dan dapat dijadikan referensi (tapi jangan buat daftar pustaka di skripsi anda ya! Diketawain dosen nanti).

Silahkan download .pdf lengkapnya..

https://drive.google.com/file/d/0B5GEH5G_1ZzhVHBEYnZzbWROX3M/view?usp=sharing

No comments:

Post a Comment